Senin, 26 Desember 2016

Paus kepala kotak,ikan paus dengan gigi terbesar didunia.

1.      
                        



Senin 26 Desember 2016
San Marino-


Banyak fakta-fakta menarik yang masih belum diketahui seputar ikan paus khususnya ikan paus kepala kotak atau yang biasa disebut ikan paus “sperma” yang satu ini, ikan dengan nama ilmiah Physeter macrocephalus adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus jenis hewan mamalia bergigi terbesar di dunia. Dinamakan paus sperma karena bahan berwarna putih susu spermaceti yang terdapat pada kepalanya, dan pada awalnya dikira sebagai sperma,kepala ikan paus sperma yang besar dan bentuk keseluruhannya yang berbeda, ditambah lagi kemunculannya dalam novel Moby-Dick yang ditulis oleh Herman Mellville, membuatnya dikenal sebagai paus tipe arke (archetype).

Ikan paus sperma yang dulu juga dikenal sebagai Common Cachalot sering dihubung-hubungkan dengan cerita-cerita semi mistis dari Alkitab, ciri khas dari paus sperma adalah kepalanya yang besar lebih-lebih untuk pejantannya,ukuran yang biasanya bisa mencapai sepertiga daripada panjang badannya. Berat rata-rata otak paus sperma adalah 7kg untuk ukuran paus dewasa,bukan menjadi sesuatu keheranan jika otak paus sperma menjadi yang terbesar dan terberat bagi semua hewan. 
Nama spesiesnya sendiri ialah macrocephaluss diambil dari bahasa Yunani untuk "kepala besar".
Berbeda dengan kulit licin yang dimiliki oleh kebanyakan paus lain, kulit bagian belakang paus sperma biasanya berkedut,bewarna abu-abu walaupun terkadang kelihatan seperti berwarna coklat jika dibawah cahaya matahari "The Great White Whale" adalah sebutannya dalam novel karya Melville.

Namun, otak paus sperma tidaklah begitu besar jika dibandingkan dengan ukuran badannya,ikan jenis ini juga termasuk salah satu dalam kategori paus bermulut besar dan memiliki gigi yang tajam jumlah gigi-gigi paus 20-26 pasang gigi yang mengkerucut pada rahang bawah mereka Setiap gigi bisa mempunyai berat sampai satu kilogram,konsensus para ilmuwan mempercayai bahwa gigi-gigi tersebut tidak diperlukan untuk mengonsumsi makanan seperti cumi-cumi,sotong dan ikan-ikan kecil. Malah gigi tersebut digunakan dalam pertengkaran antara sesama paus jantan dalam spesies yang sama,jika ikan paus ini membuka mulutnya maka terlihat gigi berbentuk kerucut dan jarang-jarang,di rahang atas terdapat gigi yang belum sempurna namun gigi jarang tumbuh dan terlihat dimulut.

Lubang pernapasan pada paus (blowhole) terletak berdekatan dengan bagian depan kepala dan condong sedikit ke kiri (jika dilihat dari arah yang sama dengan paus),ini menjelaskan bahwa hembusan nafas ikan ini berkembang kearah depan. Sirip belakangnya terletak sekitar dua pertiga dari bawah tulang belakang dan biasanya pendek dan berbentuk,segitiga sama kaki,perkembangbiakkan paus Physeter macrocephalus dapat ditemui hampir disetiap benua hal ini dikarenakan kebiasaan mereka yang bermigrasi dari satu benua ke benua lainnya dan rata-rata usia harapan hidup untuk paus (jenis) ini berada diambang batas sekitar  70-80 tahunan.




Sumber: Dari berbagai sumber









ARTKEL TERKAIT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar